Thursday 24 April 2014

Florence Nightingale Perawat Hebat dalam Sejarah

Florence Nightingale Perawat Hebat dalam Sejarah
Ketika Florence Nightingale lahir, pekerjaan perawat hanyalah mengurus orang sakit dan hanya dilakukan oleh orang rendahan. Meskipun Nightingale terlahir dari keluarga kelas atas, namun dia memilih jalanya sendiri untuk menjadi perawat. Bel pemanggil suster serta Lift yang digunakan untuk mengangkut makanan saat itu pun, awalnya adalah ide Nightingale.

Dia pergi ke rumah sakit medan perang di Krimea dan bersungguh-sungguh merawat para prajurit. Karena banyak penyakit menular akibat rumah sakit yang kotor, dia pun bekerja keras membersihkan rumah sakit dan berhasil mengurangi jumlah prajurit yang meninggal karena sakit.

Tindakannya membuat dunia kagum, setelah itu, dia mencurahkan tenaganya untuk mengembangkan ilmu keperawatan dengan mendirikan sekolah perawat.

Sejak kecil Nightingale suka permainan merawat. Dia suka membalut lengan boneka dan mengobatinya. Dia anak baik yang suka juga mengobati anjing yang terluka. Karena itu, secara alami dia ingin melakukan pekerjaan yang berguna bagi orang banyak. Meskipun orang tuanya menentang, dia tetap belajar keperawatan di Jerman, dan akhirnya menjadi perawat di rumah sakit kenalannya.

Perang Krimea adalah perang yang terjadi antara Rusia melawan pasukan sekutu Turki, Inggris dan Sardinia (salah satu bagian Italia). Perang yang berlangsung dari tahun 1853 sampai 1856 itu berakhir dengan kemenangan pasukan sekutu.

Pada zaman ini, perbedaan antara yang kaya dan yang miskin sangat jelas. Tidak seperti sekarang, waktu itu pemerintah tidak melakukan tindakan untuk menolong rakyat miskin, karena itu, di zaman tersebut sangat aneh jika seorang dari kalangan atas menjadi perawat.

Nightingale merawat orang sakit dan orang yang terluka dalam perang Krimea tanpa diskriminasi. Kagum dengan tindakannya, maka didirikanlah Palang Merah Internasional oleh orang Swiss bernama Henry Dunant.

Ini adalah organisasi internasional yang didirikan untuk menyelamatkan orang-orang yang sakit dan terluka dalam perang. Pada tahu 1920, Palang Merah Internasional menerbitkan medali Nightingale.

Ini adalah penghargaan bagi para perawat hebat di seluruh dunia untuk mengingat jasa Nightingale. Orang Jepang adalah yang paling banyak menerima penghargaan tersebut, dan sampai saat ini masih banyak orang membaca buku Nightingale yang berjudul "Catatan Tentang Perawatan" dan "Catatan Tentang Rumah Sakit". Nightingale telah mendirikan dasar-dasar keperawatan modern.

Biografi

Lahir pada tahun 1820, orang Inggris yang lahir di Italia sebagai anak keluarga berada, pada tahun 1853 ia mulai bekerja di rumah sakit London sebagai perawat, pada tahun ini juga terjadi perang Krimea. Dan pada tahun berikutnya ia menjadi perawat di rumah sakit wilayah perang, pada tahun 1860 ia membuka sekolah perawat Nightingale di London. Pada tahun 1910 ia meninggal pada usia 90.

6 comments:

  1. belum begitu kenal neh sama beliau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak sih yang kita tidak kenal, nanti aku cari tahu :)

      Delete
  2. Memang seorang pahlawan dalam dunia keperawatan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padahal pada zamannya pekerjaan seperti perawat adalah pekerjaan rendahan.

      Delete
  3. izin follow ya mas? Perempuan yang patut di contoh

    ReplyDelete