Wednesday 23 April 2014

Gaius Julius Caesar, Manusia Hebat Asal Romawi

Gaius Julius Caesar, Manusia Hebat Asal Romawi
Kerajaan Roma menaklukkan banyak negeri di Eropa sejak abad pertama. Gaius Julius Caesar-lah yang mengakhiri perang saudara yang telah lama berlangsung di Roma dan membangun pondasi lahirnya kerajaan Romawi.

Untuk memperbaiki pemerintahan yang kacau, dia bekerja sama dengan Pompeius dan Crassus membentuk pemerintahan First Triumvirate. Caesar mengagumi raja Alexandros yang mempersatukan Yunani kuno dan membangun negeri kerajaan besar.

Mempersatukan Roma

Seolah meniru Raja Alexandros, dia pun melakukan invasi ke Gallic (Sekitar Prancis) dan memperluas wilayah kekuasaan Roma. Caesar yang semakin populer di kalangan rakyat karena wilayah kekuasaannya semakin luas, pada akhirnya menjadi diktator seumur hidup.

Caesar yang menjadi diktator memang memiliki sifat egois, tapi dia juga memiliki kecakapan politik yang luar biasa. Di kemudian hari dia membangun pondasi kerajaan Roma.

Dia juga membantu orang miskin, membangun pelayanan publik, membuatkan jalan untuk negeri yang ditaklukkannya, dan menyebarkan budaya Roma. Selain itu, untuk menyusun kalender yang baik, dia pun menggunakan kalender julius pada kalender matahari.

Pemerintahan Roma tidak stabil saat masa Caesar hidup, para bangsawan memperebutkan kekuasaan dan saling membunu. Karena merasakan bahaya, Caesar pun melarikan diri dari Roma pada usia 18 tahun

Bahkan ketika ia memegang kekuasaan pun, nyawanya diincar oleh Pompeius yang bersama-sama dengannya membentuk pemerintahan First Triumvirate, dan akhirnya dibunuh oleh orang-orang yang menentangnya.

Kabarnya, dia sempat berkata "Brutus, kamu juga, ya?", ketika melihat Brutus yang dipercayai, ada di antara para pembunuhnya.

Pada zaman Caesar, perang saudara di Roma pun mendekati akhir. Anak angkat Caesar, yaitu Octavianus menjadi pewaris Caesar dan menjadi kaisar pertama negeri Roma sehingga dia disebut sebagai Agustus.

Setelah itu, tibalah zaman Roman Deities (kedamaian Roma). Kerajaan Roma menguasai Eropa yang berpusat di laut Mediterania, dan budayanya semakin berkembang. Bahasa latin yang menjadi bahasa orang Roma pun memberikan pengaruh besar sehingga menjadi bahasa persatuan Eropa.

Di kemudian hari, kerajaan Roma terbagi menjadi Roma timur dan Roma barat dan terus berlangsung hingga abad 15. Sampai sekarang pun, masih banyak bengunan yang disebut sebagai alun-alun dan kuil peninggalan Roma.

Biografi:

Lahir di keluarga bangsawan Romawi pada tahun 100 SM, pada tahun 60 SM, ia bersama Crassus dan Pompeius mendirikan pemerintahan First Triumvirate, pada tahun 51 SM ai memperluas wilayah kekuasaan Gallic, sampai pada tahun 44 SM ai menjadi diktator seumur hidup dan pada tahun berikutnya ia dibunuh.

19 comments:

  1. Kaisar hebat yang berakhir dengan tragis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan begitu maka namanya menjadi hebat dan masuk dalam sejarah.

      Delete
  2. Orang hebat...
    Klo di Indonesia skarang rame goyang caesar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe orang hebat indonesia seperti sudah dilupakan, sekarang yang tinggal hanya orang-orang egois dengan kepentingan pribadi saja. pejabat KORUPTOR

      Delete
  3. luar biasa ya orang romawi benar-benar hebat ya mas, indonesia harus bisa ;)

    ReplyDelete
  4. Patut ditiru dalam mengakhiri perang mempersatukannya. Orang Romawi memang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, mempersatukan negara dan menciptakan kedamaian itu patut dicerminkan untuk orang sekrg.

      Delete
  5. Roma berangkat dari sejarah yang besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, maka nama roma begitu populer di dunia.

      Delete
  6. jadi tahu tentang sejarah Gaius Julius Caesar, terima kasih

    ReplyDelete
  7. Tapi sayang sekali, dia ditaklukan oleh Cleopatra.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka tidak punya pilihan mbak, menaklukkan atau ditaklukkan. namanya juga peperangan.

      Delete
  8. ternyata orang - orang hebat romawi mempunyai sejarah yang tersembunyi
    sekarang saya sudah mengetahuinya, thanks mas :)

    ReplyDelete
  9. ngeri juga ya gaius ini, nyawanya sampai di incar incar sama pembunuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menjadi ditator itu memang menjadi incaran bahaya bagi dirinya, namun dengan begitu hari ini baru ada roma bukan.

      Delete
  10. Hebat banget ya kisahnya, nyawanya juga terancam sama penduduknya sendiri lagi.
    Selain dari artikel agan, ane juga tau dikit tentang Julius Caesar ini dari Anime gan.

    ReplyDelete