Monday 21 April 2014

Sejarah Leonardo Da Vinci Seniman Asal Italia

Sejarah Leonardo Da Vinci Seniman Asal Italia
Leonardo adalah seniman yang hidup 500 tahun yang lalu. Karyanya yang terkenal adalah lukisan Monalisa dan Jamuan Terakhir. Dia seorang ahli yang ketika masih belajar saja gurunya sampai berkata, "kamu berbakat, Aku memutuskan untuk tidak melukis lagi".

Leonardo Mengamati sesuatu secara detail, lalu melukisnya dengan kreatif. Dia menciptakan teknik baru dengan meneliti suatu cara untuk menghasilkan sentuhan yang nyata dan dalam. Agar bisa menggambar manusia secara akurat, dia merasa harus mengetahui susunan organ tubuh manusia. Dia pun membedah tubuh manusia, mengamati secara seksama, dan membuat sketsa tulang, organ dalam, otot, pembuluh darah, dan lain-lain.

Jenius serba bisa yang menghasilkan banyak penemuan


Leonardo memiliki bakat sebagai ilmuwan. Dia meneliti pergerakan planet dengan teleskop ciptaannya. Dia juga penemu mesin sepeda, kapal selam, tank tempur, dan pesawat terbang yang belum ada di zamannya. Seperti helikopter, bentuknya mirip dengan helikopter zaman sekarang.

Selain itu, dia juga memikirkan rancangan kota untuk menciptakan kota Higienis, merancang arsitektur katedral, dan lain-lain. Karena itulah dia disebut jenius serba bisa.

Leonardo hidup di zaman Renaisans pada abad 15. Di zaman ini, banyak gerakan yang mencanangkan penciptaan budaya baru karena menginginkan kehidupan bebas sebagai manusia.

Di zaman itu juga, hidup Michael Angelo, pelukis dan pemahat patung David yang terkenal. Leonardo dan Michael Angelo pernah berkompotisi karena merasa bersaing. masih di zaman yang sama pula, Hidup Raphael yang terkenal dengan lukisan Bunda Maria. Ketiga orang ini disebut sebagai tiga Maestro besar zaman Renaisans.

Leonardo banyak meneliti dan melukis dengan cara baru yang belum pernah dicoba siapa pun. Penebalan dan penipisan warna, pemberian cahaya dan bayangan yang menimbulkan kesan nyata membuat tekniknya disebut teknik prespektif rasa (sense of distance).

Lukisan Jamuan terakhir (Last Supper) pun menggunakan teknik perspektif yang meluas dari tengah dan mengarah ke sekeliling. Sehingga, lukisannya berkesan dramatis yang bernuansa dalam.

Teknik seperti ini menjadi pola banyak pelukis di kemudian hari. Selain itu, leonardo juga bisa menulis dengan kedua tangannya, bahkan menulis huruf yang hanya terbaca jika dilihat dengan cermin. Banyak misteri yang tersimpan di balik tingkah Leonardo. Sampai sekarang pun, banyak peneliti yang meneruskan penelitian tentangnya.

Biografi Leonardo:

Lahir pada tahun 1452 di sebuah desa Vinci, Italia. Dia mulai belajar melukis di Verrocchio pada tahun 1466, pada tahun 1494 dia melukis gambar dinding Jamuan terakhir (Last supper) di biara Santa Maria, Pada tahun 1503 dia melukis Monalisa yang menjadi karya terbesarnya dan meninggal dunia pada tahun 1519 dengan usia 67.

10 comments:

  1. mengapa orang dulu lebih hebat ketimbang skrg ya?

    ReplyDelete
  2. Jaman dulu orangnya nggak sepinter sekarang, namun orang dulu lebih tekun,penyabar dan pantang menyerah, beda dengan orang jaman sekarang.. Apalagi alay alay g jelas itu. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau disebut orang dulu tidak pintar berarti salah besar mas, tanpa dari penemuan orang dulu tentu tidak semakmur kehidupan skrg ini yang serba teknologi yang canggih.

      Delete
  3. wah hebat banget yah Leonardo Da Vinci ini, lukisannya yang sangat terkenal seperti Monalisa, luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia bukan saja hebat dalam seniman, tapi juga ilmuwan yang sangat berhasil.

      Delete
  4. luar biasa ya jaman dulu sudah ada seniman terkenal ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, dan salah satu adalah Leonardo, seniman hebat :)

      Delete
  5. Nama dari Seniman Renaisans tersebut kemudian dijadikan nama tokoh kartun serial Kura Kura Ninja, yakni Leonardo ( Leonardo da Vinci, ), Michaelangelo ( Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni ), Rapahael ( Raffaello Sanzio da Urbino ), dan Donatello ( Donato di Niccolò di Betto Bardi )....yang Donatello tidak disebutkan , Sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, memang nama tokoh2 sering dijadikan nama maupun nama tersebut di kartunkan.

      Delete