Sunday 20 April 2014

Benarkah Nyamuk Jantan Tidak Mengigit Manusia?

Nyamuk berdengung dan mengeluarkan bunyi samar-samar lalu diam-diam menghisap darah. Digigit nyamuk itu rasanya sangat gatal ya. Tetapi, nyamuk yang menghisap darah manusia itu semuanya betina. Nyamuk betina menggunakan darah manusia sebagai nutrisi hidupnya sendiri dan membesarkan telurnya.

Lalu, apa yang dimakan sebagai nutrisi oleh nyamuk jantan dan nyamuk betina yang tidak bertelur? Sebenarnya mereka hidup dengan menghisap sari bunga dan air buah, serta getah pohon.

Hal ini dapat diketahui dari nyamuk yang tampak hinggap pada bunga yang sedang mekar dan buah yang ada pada pohon. Namun yang lebih mengejutkan adalah sebelum pada zaman dinosaurus ternyata nyamuk sudah ada.

Mengapa anak-anak mudah digigit nyamuk?


Nyamuk mencari manusia dengan tiga petunjuk, yaitu nafas, aroma kulit, suhu tubuh yang hangat. Suhu tubuh anak-anak tinggi, sehingga mudah diincar nyamuk. Kalian mudah digigit nyamuk atau tidak?

15 comments:

  1. ternyata yang isap darah itu nyamuk betina ya mas :) belum dipelajari sih dan setelah baca postingan ini baru tahu :-d

    ReplyDelete
  2. wah.. kalo gini nyamuk jantan itu vegetarian toh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyamuk jantan tidak memerlukan darah untuk nutrisi, jadi nyamuk jantan tidak perlu darah untuk kelangsungan hidupnya.

      Delete
  3. Kalo saya jarang digigit nyamuk gan soalnya di kamar saya, saya suka pakai baygon :D hehe dan makasii nihhh pengetahuannya baru tahu saya ternyata yang suka ngigit itu nyamuk betina hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2.. terima kasih telah berkunjung :)

      Delete
  4. kirain darah yang dihisap buat pertumbuhan
    perempuan memang suka nggigit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, sebagai pengetahuan baru ya, terima kasih kang telah meluangkan waktu untuk mampir :D

      Delete
  5. setahu saya yang suka gigit cewek adalah nyamuk jantan, hehee
    tapi ternyata nyamuk jantan tidak mengkonsumsi darah ya. terima kasih tambahan pengetahuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung :D

      Delete
  6. makasih infonya gan, oiya btw manfaat nyamuk itu apa ea? sampe detik ini saya belum tau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi ekonomi, maka tercipta lapangan pekerjaan melalui pabrik obat nyamuk, dokter-dokter, perawat dll. Dari sisi ilmu pengetahuan, maka tercipta jenis-jenis obat nyamuk seperti, obat nyamuk bakar, gel, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektronik, juga mendorong manusia untuk membuat temuan-temuan baru. Dari sisi manusia, maka kita harus membuat lingkungan kita menjadi bersih. Dari sisi ilmu alam, untuk memenuhi rantai makanan, karena nyamuk juga makanan bagi binatang lain. Misalnya nyamuk di makan cicak, cicak dimakan ikan, ikan dimakan ikan lainnya yang lebih besar, dan seterusnya. Pasti ada manfaatnya kalau makhluk ciptaan tuhan, apakah setuju dengan jawaban ini?

      Delete
  7. Digigit nyamuk hampir selalu menjadi teman di setiap malam, maklum di perkampungan, he he....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu sama mas, tiap malam pasti berdengung di telinga, kesal baget hehe..

      Delete