Saturday 19 April 2014

Mengapa Pelihara Anjing Harus Dirantai dan Kucing Tidak?

Mengapa Pelihara Anjing Harus Dirantai dan Kucing Tidak?
Anjing adalah binatang yang suka jalan-jalan dengan manusia dan berlari-lari di luar rumah. Sementara itu, kucing adalah binatang yang suka berjalan sendirian sesuka hatinya dan bermalas-malasan di rumah.

Mengapa terdapat perbedaan seperti ini? Hal itu dapat diketahui dari bagaimana cara anjing dan kucing memperoleh makanan dan hidup pada zaman dahulu sebelum dipelihara sebagai binatang pelihara seperti sekarang.

Kucing adalah hewan yang hidup sendirian sedangkan anjing hidup berkelompok, karena itu cara memeliharaan juga berbeda.

Pada zaman dahulu, kucing adalah hewan yang hidup sendirian, berburu hewan-hewan kecil di hutan tanpa memerlukan bantuan yang lainnya.

Sebaliknya, anjing hidup bersama dan saling tolong menolong dalam kawanan besar untuk memburu binatang besar lalu memakannya bersama-sama. Karena itu, anjing suka hidup dalam kelompok.

Karena perbedaan tabiat ini, maka pada waktu dipelihara pun, berbeda pula perlakuannya, apakah dirantai atau tidak. Karena instingnya yang memburu binatang kecil, kita tidak khawatir kucing akan menyerang manusia sehingga bisa dibiarkan bepergian dengan bebas.

Sebaliknya, anjing bisa menyerang orang atau binatang lain yang belum dikenalnya, karena itu untuk keamanan maka anjing dirantai. Selain itu, ada juga penyakit yang disebut Rabies yang menular lewat gigitan hewan seperti anjing, maka agar tidak membahayakan, anjing dirantai.

2 comments:

  1. ternyata ada sejarahnya ya mas pelihara anjing dan kucing itu :) tapi kalau kucing dirantai mungkin lehernya gak kuat bawa rantai besi sehingga lebih baik tdk dirantai, kecuali hanya kucing yg suka curi ikan dimeja hrs dirantai ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tergantung dari hewan apa sist, hidup mereka berkelompok atau tidak. cara pelihara juga berbeda.

      Delete